Daerah

KPU Papua Glear Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Gubernur

Megapolindonesia.com

PAPUA – Ketua KPU Papua, Adam Arisoi, mengatakan pihaknya akan tetap melakukan sidang pleno dengan agenda penetapan paslon gubernur dan wakil gubernur Papua.

“Besok (hari ini – red), kita akan lakukan pleno penetapan paslon jam 11. Dari syarat pencalonan, kedua kandidat memenuhi syarat pencalonan,” kata Adam, pada Minggu malam (11/2/2018).
Dikatakan oleh Adam, pleno akan tetap dilakukan meski kedua paslon belum mendapat rekomendasi dari Majelis Rakyat Papua (MRP).

“Syarat calon kedua paslon belum mendapat rekomendasi MRP. Kalau kita lihat secara de facto, kedua paslon adalah Orang Asli Papua. Kita tidak bisa pungkiri lagi,” ucapnya.

“De jure-nya harus mendapat pengakuan dari lembaga yang diberikan kewenangan,” imbuhnya.

Menurutnya, sudah menjadi informasi public bahwa dokumen paslon tertahan di pansus DPRP sekian lama, dan sesuai dengan jadwal tahapan secara nasional, tanggal 12 Februari tetap dilakukan pleno penetapan paslon.

“Hal – hal yang akan timbul dalam pleno, kita akan putuskan apakah kita nyatakan paslon ini belum memenuhi syarat, memenuhi syarat atau menambah waktu sambil menunggu de jure-nya dari Majelis Rakyat Papua,” kata Adam.

Terkait dengan sidang pleno penetapan paslon gubernur dan wakil gubernur Papua, KPU telah mengirimkan undangan kepada kedua paslon, DPRP dan MRP untuk menghadiri acara tersebut. (YA).

Leave a comment